DESKRIPSI MATA KULIAH

BAHASA INDONESIA

Indonesia Language

3 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas tentang bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional, bentukan kata-kata dan makna dasar, tata kalimat, gejala-gejala bahasa, ejaan dan pungtuasi, pembukuan bahasa, penggunaan awalan, akhiran dan imbuhan, pengalineaan, dan teknik penulisan ilmiah.

 

FILSAFAT ILMU PENGETAHUAN

Philosophy of Science

2 SKS;

Pada matakuliah ini dibahas tentang pengertian filsafat dan cabang-cabangnya, ilmu pengetahuan dan metodenya, ilmu pengetahuan dan cara kerjanya, etistemologi, konsepsi tentang pengetahuan dan ilmu pengetahuan, sumber-sumber pengetahuan, teori-teori kebenaran, karakteristik ilmu pengetahuan, susunan ilmu pengetahuan, perbedaan ilmu filsafat dan agama, peranan paradigma dan revolusi ilmu pengetahuan dan dampaknya dalam masyarakat.

 

PENDIDIKAN AGAMA

Religion

3 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas tentang Tuhan YME dan Ketuhanan, manusia, moral, iptek dan seni, kerukunan antar umat beragama, masyarakat, budaya, politik, dan hukum.

 

 

KEWARGANEGARAAN

Citizenship

3 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas tentang landasan dan tujuan pendidikan kewarganegaraan, Pancasila sebagai filsafat, etika politik, ideologi nasional, Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia, Pancasila dalam konteks ketatanegaraan RI, dan Pancasila sebagai paradigma kehidupan dalam masyarakat berbangsa dan bernegara, Hak Asasi Manusia, Hak dan Kewajiban Warganegara Indonesia, Belanegara, Demokrasi, Wawasan Nusantara, Ketahanan Nasional, dan Politik Strategi Nasional.

BAHASA INGGRIS I

English I

2 SKS;

Dalam mata kuliah ini akan dibahas tentang tata bahasa untuk menggunakan bahasa Inggris praktis, cara menyimpulkan cerita, cara mengambil intisari suatu penulisan/penulisan karangan, pembahasan topik-topik kesehatan masyarakat, kebiasaan hidup sehat, kesehatan lingkungan, masalah kependudukan.

 

BAHASA INGGRIS II

English II

2 SKS;

Matakuliah ini memberikan gambaran dan ketrampilan dasar dalam berkomunikasi untuk menyampaikan pendapat, informasi, persetujuan dan ketidaksetujuan dalam sebuah presentasi singkat mengenai hal yang berhubungan dengan kesehatan masyarakat.

 

ANATOMI-FISIOLOGI

Anatomy and Physiology

2 SKS;

Dalam matakuliah ini dibahas tentang struktur umum tubuh manusia, konsep dasar kerja sebagai sistem dalam tubuh manusia, integrasi kerja sebagai sistem dalam tubuh manusia.

 

 

APLIKASI KOMPUTER

Computer Application

2 SKS;

Dalam mata kuliah ini akan dibahas tentang Microsoft Office : Ms. Word, Ms. Excel, Ms. PowerPoint, dan pengenalan untuk pengolahan data menggunakan program SPSS, serta pengenalan internet.

 

BIOKIMIA

Biochemistry

2 SKS;

Dibahas tentang prinsip-prinsip dasar yang mengatur kelompok-kelompok fungsional organik, struktur biologis dan reaksi-reaksi biokimia yang esensial untuk kehidupan manusia.

 

BIOLOGI

Biology

2 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas tentang asal usul kehidupan, ciri-cirikehidupan, evolusi organik sampai manusia, dasar taksonomi dan klasifikasi, hubungan timbal balik kehidupan dan lingkungan, reproduksi pada tingkat sel, embriologi dasar, biologi perilaku, embriologi dalam sel, asam nuklet sebagai materi genetis, biosintesis protein, proses mutasi gen, terangkai autosom dan terangkai seks, sistem pertahanan tubuh, mekanisme kerja imun tubuh. Secara spesifik dibahas mengenai ilmu biologi manusia dan lingkungan. Praktikum di laboratorium dan lapangan dilakukan untuk mengaplikasikan teori yang didapatkan di kelas.

 

BIOSTATISTIK I

Biostatistic I

2 SKS;

Matakuliah ini merupakan bagian dari ilmu statistik yang diaplikasikan di bidang kesehatan dan membahas masalah statistic deskriptif dan konsep dasar statistik inferensia, yang meliputi ruang lingkup dan konsep dasar biostatistik di bidang kesehatan, pengolahan, penyajian data, teori himpunan dan peluang, distribusi peluang dan sampling serta konsep dasar statsitik inferensia yang meliputi interval kepercayaan dan pengujian hipotesis.

 

BIOSTATISTIK II

Biostatistic II

2 SKS;

Pada mata kuliah ini dibahas tentang bermacam-macam konsep (teori) maupun metode statistik yang selanjutnya dapat digunakan untuk melakukan interpretasi terhadap berbagai macam data alat analisis apa saja yang dibutuhkan sesuai dengan masalah kesehatan.

 

DASAR ILMU GIZI

Principles of Nutrition

2 SKS;

Pada mata kuliah ini akan dibahas tentang definisi ilmu gizi, sejarah dan perkembangan ilmu gizi, fungsi pangan dan gizi untuk kesehatan, macam, fungsi sumber makanan dan dasar metabolisme dari masing-masing zat gizi seperti hidrat arang, lemak, protein, vitamin dan mineral, kecukupan dan kebutuhan gizi, anjuran kecukupan masing-masing zat gizi, analisis bahan makanan dan konsep penyusunan menu.

 

DASARKESEHATAN LINGKUNGAN

Principles of Environmental Health

2 SKS;

Pada mata kuliah ini akan dibahas tentang konsep kesehatan lingkungan dalam lingkungan makro dan mikro, prinsip-prinsip ekologi, konsep ekosistem, hubungan lingkungan dengan kesehatan masyarakat, masalah kesehatan lingkungan di Indonesia, seperti : air buangan, sumber daya air, penyehatan makanan, pencemaran dll, serta arah perkembangannya di masa mendatang.

 

DASARKESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA (K-3)

Principles of Occupational Health and Safety

2 SKS;

Dalam mata kuliah ini akan dibahas tentang konsep-konsep, definisi, ruang lingkup, penyebab dan konsekuensi dalam bidang K-3, kebijaksanaan dan peraturan perundang-undangan dalam bidang K-3, sumber-sumber bahaya, proses kerja, kondisi kerja, tempat kerja dll; berbagai issue masalah keselamatan dan kesehatan kerja.

 

DASAR PENDIDIKAN KESEHATAN MASYARAKAT

Principles of Health Education

2 SKS;

Pengantar PKM, prinsip-prinsip PKM, proses belajar, sikap dan perubahan perilaku serta program penyuluhan terpadu

 

DASAR EPIDEMIOLOGI

Introduction to Epidemiology

Prasyarat: Patologi Umum

2 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas tentang konsep dan perkembangan epidemiologi, ukuran-ukuran frekuensi penyakit (insidens dan prevalens) dalam epidemiologi, riwayat alamiah penyakit, konsep penyakit, konsep penyebab, penyajian data epidemiologi, jenis-jenis penelitian epidemiologi, skrining, pengantar investigasi wabah, dan pengantar surveilans kesehatan masyarakat.

 

FISIKA

Physics

2 SKS;

Dalam mata kuliah ini dibahas tentang peranan ilmu fisika dalam perkembangan ilmu kesehatan masyarakat, pengetahuan tentang prosedur dan metode pengukuran yang tepat, teliti dan benar, pengetahuan tentang pemakaian, perawatan dan proteksi dari pengaruh instrumen tertentu terhadap pemakai, membekali dasar ilmu matematika terpakai yang merupakan pendukung utama dalam perkembangan ilmu dan teknologi.

 

KIMIA

Chemistry

2 SKS;

Dalam mata kuliah ini dibahas tentang kedudukan ilmu kimia sebagai bagian sains dan korelasinya dengan ilmu kesehatan masyarakat, hakekat perubahan struktur dan komposisi materi, sifat-sifat unsur dan konfigurasi elektron atom,perhitungan kimia dalam sistem larutan, kinetika dan termodinamika kimia, bahan-bahan kimia di longkungan, kimia udara, air dan tanah, senyawa-senyawa biomolekul dan makromolekul alam kehidupan.

 

HYGIENE LINGKUNGAN KERJA

Environment Hygiene

2 SKS;

Dibahas tentang manajemen pengelolaan lingkungan kerja, higiene tenaga kerja dan sanitasi lingkungan kerja.

 

KESEHATAN REPRODUKSI

Reproductive Health

2 SKS;

Pada mata kuliah ini dibahas tentang pengertian dan definisi kesehatan reproduksi, kerangka konsep kesehatan reproduksi, faktor pendukung dan penghambat, PKRE/K, safe motherhood, kualitas pelayanan, konsep tiga titik penundaan, akses pelayanan, PONED/K, hak-hak reproduksi wanita, kekerasan terhadap wanita, paket kesehatan ibu dan bayi (PONED/K), indikator kesehatan reproduksi, manajemen sistem informasi kesehatan reproduksi.

 

PENGANTAR FARMAKOLOGI

Introduction to Pharmacology

1 SKS;

Pada mata kuliah ini dibahas tentang dasar-dasar kerja obat, istilah penting farmakologi, klasifikasi obat, dasar-dasar penggunaan anti mikroba dan masalahnya, obat anti amuba, obat anti cacing, rehidrasi pada diare dan muntah berak, obat analgetik dan antiseptik, obat anti anemik dan vitamin, kontrasepsi hormonal, obat anti malaria dan masalah keracunan.

 

FARMAKOLOGI SOSIAL DAN PENGELOLAAN OBAT

Social Pharmacology and Drug Management

1 SKS;

Pada mata kuliah ini akan dibahas tentang epidemiologi obat, penyalahgunaan dan penggunaan obat, obat tradisional, konsep obat essensial “drug regulatory”, obat KB, undang-undang dan kebijakan Obat dan Obat Bebas.


METODOLOGI PENELITIAN

Research Methodology

2 SKS;

Prasyarat : SU 106

Dalam matakuliah ini akan dibahas tentang kegunaan penelitian dalam pembangunan dan pengembangan ilmu pengetahuan, langkah-langkah yang harus dilakukan dalam merancang suatu penelitian, cara penyusunan alat penelitian, teknik analisis dan penulisan laporan.

 

MIKROBIOLOGI

Microbiology

2 SKS;

Pada mata kuliah ini dibahas tentang dasar-dasar mikrobiologi, faktor-faktor epidemiologi penyakit infeksi, respons imun penyakit infeksi, teknik mikrobiologi dalam isolasi dan interpretasi hasil sebagai alat diagnosis, teknis serologi dan interpretasi hasil untuk menunjang data epidemiologi dan sebagai alat diagnosis, mikrobiologi makanan dan mikrobiologi lingkungan, bioteknologi.

    

ORGANISASI DAN MANAJEMEN

Organization and Management

2 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas tentang teori dan ruang lingkup organisasi dan manajemen serta gambaran umum bagaimana teori tersebut digunakan dalam manajemen kesehatan (teori-teori kepemimpinan, motivasi, komunikasi, informasi, supervisi, pengawasan, pengendalian pada organisasi serta manajemen unsur).

 

ORGANISASI DAN MANAJEMEN KESEHATAN

Organization and Management of Health Program

2 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas tentang prinsip-prinsip struktur organisasi pelayanan kesehatan serta manajemen program kesehatan di Indonesia, serta beberapa aspek khusus seperti manajemen personalia, keuangan, logistik, serta manajemen proyek.

 

PARASITOLOGI

Parasitology

2 SKS;

Dalam mata kuliah ini akan dibahas tentang berbagai penyakit yang merupakan masalah kesehatan masyarakat, aspek epidemiologi penyakit parasit, cara pencegahan infeksi dan pemberantasan penyakit parasit yang merupakan masalah kesehatan masyarakat di Indonesia.

 

PATOLOGI UMUM

Pathology

2 SKS;

Pada mata kuliah ini dibahas mengenai sebab dan mekanisme terjadinya penyakit pada manusia, pengenalan gejala dan tanda penyakit. Patofisiologi penyakit secara umum, dan dibahas beberapa penyakit yang terbanyak di dalam masyarakat seperti penyakit kanker dan penyakit infeksi, serta cara pengobatan penyakit secara individu maupun penanggulangan dan pencegahan penyakit pada masyarakat.

 

PENGANTAR AKK

Introduction to Health Administration and Policy

2 SKS;

Dalam mata kuliah ini akan dibahas tentang konsep-konsep dasar dalam administrasi manajemen yang mencakup kesehatan masyarakat, sistem pelayanan kesehatan, perencanaan kesehatan, pengorganisasian dan penggerakan kesehatan & pengawasan/pengendalian upaya kesehatan secara umum dan khususnya di Indonesia.

 

PENGANTAR HAM

Introduction to Human Relationship

2 SKS;

Membahas tentang batasan dan prinsip-prinsip dinamika kelompok, pentingnya komunikasi, tipe-tipe kepemimpinan, manfaat konflik dalam kelompok, pentingnya keterbukaan diri terhadap orang lain serta mampu menerapan pengetahuan dinamika kelompok dalam tim kerjanya.


PENGANTAR ILMU EKONOMI

Introduction of Economics

2 SKS;

Dibahas pengertian ekonomi, ruang lingkup ekonomi, pengertian ekonomi makro dan mikro, supply dan demand, teori utility dan jenis-jenis pasar, serta gambaran penerapan prinsip-prinsip ekonomi dalam bidang kesehatan.

 

PENGANTAR ILMU KEPENDUDUKAN

Introduction to Population Study

2 SKS;

Pada mata kuliah ini dibahas tentang definisi, teori, dan ukuran-ukuran demografi, sumber data, perkembangan/perubahan penduduk, komponen demografi, peran kependudukan, dan analisis masalah kependudukan yang digunakan dalam kesehatan masyarakat.

 

PSIKOLOGI KESEHATAN

Health Phsycology

2 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas tentang batasan dan ruang lingkup psikologi; faktor-faktor psikologi dasar yang mempengaruhi perilaku; pembentukan, perubahan dan pengukuran sikap; kepribadian dan peranan psikologi dalam upaya pendidikan kesehatan.

 

SOSIOANTROPOLOGI

Socio-Anthropology

3 SKS;

Pada mata kuliah ini dibahas tentang pengertian, konsep-konsep dasar, ruang lingkup dan kegunaan sosiologi di bidang kesehatan masyarakat. Dibahas pula konsep dan aspek kebudayaan, teori-teori perubahan kebudayaan serta sejarah, pengertian, paradigma, pendekatan dan metode-metode penelitian antropologi, berikut penerapannya di bidang kesehatan masyarakat.

SOSIOANTROPOLOGI KESEHATAN

Socio-Anthropology of Health

2 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas tentang konsep-konsep dasar antropologi yang berhubungan dengan perilaku manusia, membahas tentang aspek kebudayaan dan nilai-nilai budaya dan dinamikanya, aneka warna masyarakat dan kebudayaan yang mendasari perilaku manusia serta implementasinya dalam bidang kesehatan.

 

PSIKOLOGI KESEHATAN

Health Phsycology

2 SKS;

Dalam matakuliah ini akan membahas dan menganalsis masalah kejiwaan, baik individu maupun social kaitannya dengan masalah kesehatan yang dapat mempengaruhi perilaku sehat di masyarakat.

 

SISTEM INFORMASI KESEHATAN

Health Information System

2 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas Sistem Informasi Kesehatan (SIK), meliputi pengamilan keputusan, informasi kesehatan, pengalihan kebutuhan data menjadi informasi, sistem dan langkah-langkah pendekatan sistem-sistem informasi manajemen kesehatan, perangkat sistem informasi manajemen, indikator kesehatan untuk menghasilkan informasi kuantitatif, manajeman database, serta mengenai berbagai bentuk sistem informasi kesehatan.

 

ANALISA KEPENDUDUKAN

Population Analysis

2 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas tentang mengenai ukuran demografi, analisis mortalitas, fertilitas, perkawinan, migrasi, proyeksi penduduk dan model penduduk.

 

EKOLOGI PANGAN DAN GIZI

Food and Nutrition Ecology

2 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas tentang faktor-faktor yang saling mempengaruhi , komponen-komponen pangan, gizi dan kesehatan dalam kaitannya dengan lingkungan biologis, fisik, sosial, budaya dan ekonomi politik. Dibahas pula program pangan dan gizi yang berhubungan dengan kesehatan yang telah dilaksanakan di Indonesia.

 

EPIDEMILOGI PENYAKIT MENULAR

Epidemiology of Communicable Diseases

2 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas epidemiologi beberapa penyakit menular yang menjadi masalah kesehatan di Indonesia, baik yang disebabkan oleh parasit, mikroba maupun virus.

 

EPIDEMIOLOGI PENYAKIT TIDAK MENULAR

Epidemiology of Non Communicable Diseases

2 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas tentang berbagai penyakit tidak menular yang banyak ditemukan di Indonesia. Pembahasan akan meliputi gejala-gejala/faktor-faktor penting, distribusi, faktor resiko dan perjalanan penyakit.

GIZI KESEHATAN MASYARAKAT

Public Health Nutrition

2 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas tentang gizi dan infeksi, epidemiologi masalah gizi utama, gizi dan produktivitas kerja, senyawa toksik dalam makanan.

 

KESEHATAN LINGKUNGAN PEMUKIMAN

Human Settlement Sanitation

1 SKS;

Dibahas mengenai faktor-faktor resiko yang bisa timbul di daerah pemukiman dan perkotaan, identifikasi dan pengukuran masalah kesehatan, cara penanggulangan dan pengawasannya.

 

PENCEMARAN LINGKUNGAN

Environmental Pollution

1 SKS;

Dibahas tentang sebab-sebab terjadi pencemaran, macam pencemaran lingkungan termasuk pencemaran air, udara, tanah, serta makanan dan minuman, pengendalian pencemaran, baku mutu lingkungan, penyakit-penyakit yang disebabkan bahan polutan serta dasar hukum pengelolaan lingkungan di Indonesia.

 

PEMASARAN SOSIAL  

Social Marketing

2 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas mengenai prinsip-prinsip pemasaran sosial, meliputi strategi pemasaran, segmentasi sasaran, perilaku konsumen, aspek komunikasi dalam pemasaran dan riset pemasaran. Sebagai studi kasus akan dibahas mengenai penerapan pendekatan pemasaran sosial di bidang kesehatan dan keluarga berencana.

 

ERGONOMI DAN FAAL KERJA

Ergonomy and Occupational Physiology

2 SKS

Membahas tentang batasan ergonomi dan faal kerja, penerapan ergonomi dalam mengurangi kelelahan dan meningkatkan produktivits kerja fisik, konsumsi kalori bagi pekerja fisik, lingkungan kerja dalam penerapan ergonomi.

 

PENENTUAN STATUS GIZI

Assessment of Nutrition Status

2 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas mengenai berbagai metode penilaian status gizi termasuk penilaian secara klinik, biokimiawi, antropometrik dan dietetik. Pembahasan akan meliputi klasifikasi, analisis dan interpretasi status gizi berdasarkan masing-masing metode.

 

PENGANTAR AMDAL

Introduction to Environmental Impact Assessment

2 SKS;

Dalam mata kuliah ini dibahas mengenai pengertian, ruang lingkup dan metode pelaksanaan AMDAL serta berbagai metodologi, aspek kesehatan dalam AMDAL, rencana pengelolaan dan pemantauan lingkungan.

 

PENGORGANISASIAN DAN PENGEMBANGAN MASYARAKAT

Organization and Community Development

2 SKS;

Membahas tentang pengertian dan kedudukan PPM dalam intervensi kesehatan masyarakat, hakikat manusia, pendekatan direktif/non direktif, model PPM dan pengalaman belajar serta teknik menumbuhkan keswadayaan dan partisipasi masyarakat dalam program kesehatan.

 

PENYEDIAAN AIR BERSIH

Water Supply

2 SKS;

Dibahas tentang sumber air, siklus air, kebutuhan air minum dengan penyakit, pengolahan air minum serta penyediaan air minum untuk daerah pedesaan dan perkotaan.

 

PERENCANAAN DAN EVALUASI KESEHATAN

Planning and Evaluation of Health

3 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas mengenai dasar-dasar dan langkah perencanaan kesehatan, analsis situasi, siklus pemecahan masalah, teknik pengambilan keputusan, analisis ekonomi, perhitungan sumber daya, supervisi, pengawasan, pengendalian dan teknik evaluasi kesehatan.

PERENCANAAN DAN EVALUASI PKM

Planning and Evaluation of Community Health Education

3 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas tentang langkah-langkah perencanaan, Pendidikan Kesehatan Masyarakat dari berbagai versi. Di samping itu juga dilaksanakan praktikum pembuatan perencanaan PKM dengan menekankan pada langkah-langkah pendekatan diagnostik. Praktikum dilaksanakan berkelompok yang kemudaian dipresentasikan dan didiskusikan di forum kelas.

 

PROGRAM KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA

Occupational Health and Safety Programs

2 SKS

Membahas tentang pelaksanaan program keselamatan dan kesehatan kerja di Indonesia.

 

HYGIENE SANITASI MAKANAN

Food Sanitation and Hygiene

1 SKS;

Dalam mata kuliah ini dibahas tentang pengelolaan makanan dan minuman serta hubungannya dengan vektor penyakit, sanitasi jasa boga dan penanganan kasus keracunan makanan. Juga dibahas mengenai prinsip-prinsip dan metode penyehatan makanan dan minuman, pengawasan, pengendalian dan evaluasi programnya.

 

SANITASI TTU & PARIWISATA

Tourism and Public Sanitation

1 SKS;

Dalam mata kuliah ini dibahas tentang sanitasi tempat-tempat umum dan daerah pariwisata yang meliputi sarana penyediaan air bersih, pembuangan sampah, pembuangan kotoran manusia dan saluran pembuangan air limbah.

 


SURVEILANS EPIDEMIOLOGI

Epidemiology Surveillance

2 SKS;

Mata ajaran ini merupakan prinsip di dalam kegiatan penanggulangan pemberantasan dan pencegahan penyakit. Dibahas mengenai unsur-unsur surveilens mulai dari pengumpulan data, pengolahan data, analisis dan interpretasi data serta penyebarluasan (diseminasi) informasi. Selain itu mahasiswa dilatih mengusulkan rancangan surveilans suatu penyakit tertentu. Diberikan dalam bentuk kuliah, praktikum, seminar dan kerja lapangan di dalam kelompok.

 

TEKNOLOGI PENGEMBANGAN MEDIA

Media Development Technology

2 SKS;

Dibahas tentang prinsip dasar pengembangan media, jenis media, karakteristik media, membuat perencanaan, rancangan produksi, uji coba/evaluasi media dan penggunaan alat bantu untuk keperluan pendidikan/penyuluhan kesehatan. Proses belajar ditekankan kepada praktek atau keterampilan pembuatan media khusus bagi sasaran kelompok terpilih dengan menggunakan teknologi media, teknis grafis, media auditif, media audiovisual, teknik pemanfaatan multimedia yang ada, media cetak, media personal, media kelompok dan media massa.

 

KEWIRAUSAHAAN DAN KEPEMIMPINAN

Enteurpreneurship and Leadership

2 SKS;

Dibahas tentang konsep kewirausahaan, sikap dasar wirausaha, perilaku wirausaha dan sistem nilai usaha. Tehnik mengembangkan kebiasaan dan beraktifitas usaha, konsep fungsi gaya kepemimpinan, power, authority dan tehnik pengambilan keputusan. Model gaya kepemimpinan situasional yang sukses dan efektif.

 

PENGELOLAAN SAMPAH

Solid Waste Management

2 SKS;

Dibahas tentang teknik pengelolaan sampah mulai dari sumber sampai dengan pemusnahannya.

 

PEMINATAN MANAJEMEN PELAYANAN KESEHATAN (MPK)

 

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA DAN PRODUKTIVITAS

Human Resources Management and Productivity

2 SKS;

Dalam matakuliah ini dibahas mengenai sumber daya manusia yang meliputi perencanaan sumber daya manusia termasuk rekruitmen dan seleksi sumber daya manusia sebagai aset utama kinerja dalam sistem pelayanan kesehatan. Secara khusus akan dipelajari pula tentang penilaian kinerja sumber daya manusia.

 

ADMINISTRASI RUMAH SAKIT DAN PUSKESMAS

Administration of Hospital and Health Centres

2 SKS;

Dalam matakuliah ini dibahas tentang sejarah perkembangan Rumah Sakit dan Puskesmas di Indonesia, batasan, tugas dan fungsi Rumah Sakit/Puskesmas. Dibahas organisasi dan manajemen Rumah Sakit dan Puskesmas (manajemen sistem informasi, personalia, keuangan, manajemen perawatan, manajemen logistik dan farmasi) serta evaluasi manajemen Rumah Sakit dan Puskesmas. Juga dibahas program-program khusus di rumah sakit (PKMRS, PGRS, PKBRS) dan Puskesmas.

 

MANAJEMEN LOGISTIK OBAT DAN KESEHATAN

Logistic Management Medicine and Health

2 SKS;

Dalam matakuliah ini dibahas tentang kajian teknis alat medis, perencanaan, mekanisme pengadaan penggunaan/utilisasi penyimpangan evaluasi, sistem manajemen obat di RS/Puskesmas, perencanaan dan metode analisis kebutuhan, penganggaran, pengadaan, pemilihan pemasok, penyimpangan logisitk, pendistribusian barang, metode pengendalian barang, sistem informasi logistik, pemusnahan, proses pemilihan pemasok, pendistribusian, jenis dan siklus logistik RS/Puskesmas.

 

 

 

 

 

MANAJEMEN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN

Management of Health Services Quality

2 SKS;

Dalam matakuliah ini dibahas tentang konsep-konsep manajemen mutu dan perkembangannya pada pelayanan kesehatan serta aplikasi manajemen kendali mutu dalam berbagai bentuk pelayanan kesehatan.

 

EKONOMI KESEHATAN

Health Economics

2 SKS;

Membahas beberapa teori dan konsep ilmu ekonomi yang dapat diterapkan di bidang kesehatan, kaitan pembangunan ekonomi dengan kesehatan, beberapa aspek pembiayaan kesehatan dan penerapan analisis ekonomi (kuantitatif) pada pelayanan dan program-program kesehatan.

 

AKUNTANSI KEUANGAN RUMAH SAKIT

Financial Accounting of Hospital

2 SKS;

Dalam matakuliah ini dibahas tentang prinsip-prinsip dan metode akuntansi RS, sistem akuntansi RS Swasta dan pemerintah, sistem informasi akuntansi RS, Akuntansi Manajemen dan penerapannya di RS, ruang lingkup dan metode pelaksanaan akuntansi RS.

 

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KESEHATAN

Health Management Information System

2 SKS;

Dalam matakuliah ini dibahas mengenai konsep sistem informasi manajemen (konsep sistem data dan informasi, dan analisis kebutuhan informasi), sistem informasi kesehatan.

 


PEMINATAN EPIDEMIOLOGI

 

VAKSIN DAN IMUNISASI

Immunization and Vaccines

2 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas tentang dasar imunologi vaksin, aplikasi dan program imunisasi dasar. Macam-macam jenis vaksin, kegunaan an efek sampingnya serta penyakit-penyakit yang dapat dicegah dengan imuniasai (PD3I). Disamping itu juga disinggung tentang vaksinasi secara internasional dan regulasinya.

 

EPIDEMIOLOGI PELAYANAN KESEHATAN

Epidemioloy of Health Services

2 SKS;

Dalam matakuliah ini dibahas beberapa konsep dalam pelayanan kesehatan termasuk integrasi pelayanan kesehatan, perencanaan dan penilaian pelayanan kesehatan yang menggunakan konsep dan metode epidemiologi deskriptif.

 

METODE EPIDEMIOLOGI DESKRIPTIF

Methods of Descriptive Epidemiology

2 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas tentang batasan epidemiologi deskriptif dan analitik, metode-metode penelitian yang digunakan dalam epidemiologi deskiptif dan analisis yang dilakukan dalam epidemiologi deskriptif.

 

KESEHATAN MASYARAKAT VETERINER

Veterinary Publik Health

2 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas tentang pengertian, definisi, prinsip-prinsip serta ruang lingkup kesmavet khususnya yang relevan dengan kesehatan masyarakat yaitu: zoonosis, kesehatan air susu, kesehatan daging, dan telur, juga tentang peraturan-peraturan yang berkaitan, metode dan teknik pemeriksaan serta pengawasan.

 


PENGENDALIAN VEKTOR

Vector Contol

2 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas tentang Phylum Arthropoda khsususnya khas Hexapoda (insekta) yang merupakam vektor penyakit, perananya dalam kedokteran dan kesehatan, metode penegendalian (vector control), pestisida, insektisida, dinamika populasi dan evaluasi program.

 

EPIDEMIOLOGI BENCANA DAN DAMPAKNYA PADA KESEHATAN MANUSIA

Epidemiology of Disaster Management

2 SKS;

Dalam matakuliah ini dbahas tentang pendekatan epidemiologi dalam upaya menanggulangi dampak kesehatan manusia akibat bencana. Pokok bahasan : batasan dan pengertian tentang bencana, ientifikasi besarnya maslah bencanan khususnya dalam kesehatan akibat bencana, beserta evaluasinya dengan menggunakan pendekatan-pendekatan epidemiologi yang cepat dan tepat.

 

INVESTIGASI WABAH

Outbreak Investigation

2 SKS;

Dalam matakuliah ini dibahas tentang langkah investigasi wabah, mulai dari penentuan kejadian wabah, menggambarkan kejadian wabah dan menentukan sumber penularannya.

 PEMINATAN KESEHATAN LINGKUNGAN

 

PENYAKIT BERBASIS LINGKUNGAN

Disease-Based Environment

2 SKS;

Dibahas mengenai berbagai penyakit berbasis lingkungan yang terkait dengan pencemaran lingkungan; agen-agen penyakit transmisi dan perjalanan agen penyakit pada media lingkungan dan masuk ke dalam tubuh manusia, dampaknya terhadap manusia, serta pencegahan dan pengendaliannya.

 

PERENCANAAN KESEHATAN LINGKUNGAN

Environmental Health Planning

2 SKS;

Mata ajaran ini memberikan pengetahuan dan keterampilan bagi mahasiswa agar dapat memahami dengan baik arti perencanaan dan mampu merencanakan program kesehatan lingkungan. Topik pembahasan dalam mata ajaran termasuk analisis tujuan, analisis prioritas, meyiapkan program/Project planning matrix dan menyusun dokumen perencanaan kesling.

 

ANALISIS KUALITAS LINGKUNGAN

Analysis of Environmental Quality

2 SKS;

Dilakukan praktikum lapangan dan laboratorium untuk metoda identifikasi dan kuantifikasi parameter-parameter kualitas lingkungan yang mencakup pemilihan parameter representatif teknis sampling dan analisis, quality assurance dalam analisis, pengolahan data dan interpretasi hasil analisis dalam kaitannya dengan dampak kesehatan.

 EPIDEMIOLOGI LINGKUNGAN

Environmental Epidemiology

2 SKS;

Dibahas prinsip-prinsip dan metoda-metoda penelitian masalah kesehatan lingkungan dengan pendekatan epidemiologi, akibat pencemaran lingkungan terhadap kesehatan, persyaratan pengukuran, disain studi serta berbagai persyaratan metodologi pemantauan dan pengukuran lingkungan sebagai sarana pokok untuk pengambilan keputusan dalam melakukan pengendalian masalah-masalah kesehatan aktual yang disebabkan oleh pencemaran lingkungan

 

TOKSIKOLOGI LINGKUNGAN

Environmental Toxicology

2 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas mengenai prinsip-prinsip dan metode-metode toksikologi lingkungan, hubungan toksikologi lingkungan dengan kesehatan masyarakat, pemakaian informasi toksikologi lingkungan untuk mengembangkan program kesehatan masyarakat.

 

PENGENDALIAN VEKTOR

Vector Contol

2 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas tentang Phylum Arthropoda khsususnya khas Hexapoda (insekta) yang merupakam vektor penyakit, perananya dalam kedokteran dan kesehatan, metode penegendalian (vector control), pestisida, insektisida, dinamika populasi dan evaluasi program.

 

KESEHATAN KEAMANAN PANGAN

Health Food Safety

2 SKS;

Mengevaluasi perjalanan mikroba dan zat-zat toksik dari industri dan sumber-sumber alami ke dalam makanan dan selama proses produksi, penyiapan dan distribusi makanan. Dipelajari pula metode untuk mengestimasi asupan bahan kimia dalam makanan sebagai risiko kesehatan dikaitkan dengan pajanan diet terhadap polutan kimia tertentu. Pengamanan makanan juga dibahas melalui program monitoring dan inspeksi dan peraturan-peraturan.

 

 

PEMINATAN KESEHATAN REPRODUKSI

 

RINSIP DAN TEORI KESEHATAN REPRODUKSI

Principles and Reproductive Health Theory

2 SKS;

Membahas pengertian dan definisi kesehatan reproduksi, kerangka konsep kesehatan reproduksi, faktor pendukung dan penghambat, kualitas pelayanan, konsep tiga titik penundaan, akses pelayanan, PONED/K, hak-hak reproduksi wanita, paket kesehatan ibu dan bayi (PONED/K), indikator kerangka konsep kesehatan reproduksi.

 

KESEHATAN REPRODUKSI REMAJA

Adolescent Reporoductive Health

2 SKS;

Membahas perkembangan masa remaja; ruang lingkup dan konsep kesehatan dan kesehatan reproduksi remaja; pendekatan dan pemecahan masalah-masalah kesehatan reproduksi remaja; berbagai pengalaman institusi /instansi pemerintah atau swasta dalam pengelola program-program kesehatan reproduksi remaja, termasuk pengalaman berbagai LSM remaja di Indonesia.

 

KB, KONTRASEPSI DAN INFERTILITAS

Family Planning, Contraception and Infertility

2 SKS;

Membahas tentang penurunan risiko kehamilan, peran KB dalam kematian maternal metode kontrasepsi; jenis, efektifitas, dan efektifitas prevalensi dan penyebarannya; tingkat kepatuhan penggunaan kontrasepsi; kemandulan; aspek jender sosial budaya; pemberdayaan wanita.

 PENYAKIT MENULAR SEKSUAL DAN HIV/AIDS

Sexuallity transmitted diseases and HIV/AIDS

2 SKS;

Pada matakuliah ini dibahas tentang penyakit menular seksual, dampak pada organ genitalia dan organ reproduksi laki-laki dan perempuan, termasuk di sini adalah dampak fisik, mental dan sosial dari HIV dan AIDS, baik pada individu atau masyarakat secara luas. Dibahas juga hal-hal yang berhubungan dengan sero surveillance, surveillance, KAP dan parameternya, kewaspadaan universal, aspek sosio budaya, dan konseling.

 

ONKOLOGI SISTEM REPRODUKSI

Oncology Reproductive System

2 SKS;

Membahas mengenai tumor jinak maupun tumor ganas pada alat reproduksi wanita meliputi definisi, etiologi, patologi, komplikasi dan terapi dari tumor jinak maupun tumor ganas pada vulva, vagina, servik uteri, carpus uteri, tuba fallopi dan jaringan sekitarnya serta ovarium.

 

Gender dan Hak Reproduksi Perempuan

Gender and Reproductive Rights of Women

2 SKS;

Dibahas mengenai sejarah perkembangan konsep-konsep dan pandangan mengenai konsep jender. Berbagai pendekatan jender yang bisa dilakukan dalam program atau kebijakan kesehatan, terutama kebijakan kesehatan reproduksi. Berbagai contoh dan lesson learned dalam mengelola dan menciptakan program atau kebijakan kesehatan atau kebijakan kesehatan reproduksi yang berbasis jender.

 

Gizi Kesehatan Reproduksi

Reproductive Health Nutrition

2 SKS;

Dibahas mengenai peranan gizi pada pertumbuhan remaja, pola konsumsi wanita, gizi pada kehamilan remaja, hubungan diet dengan siklus menstruasi dan hormon steroid, gizi pada masa kehamilan dan laktasi, gizi pada bayi dan anak, gizi pada wanita premenopause dan menopause

 

Epidemiologi Kesehatan Reproduksi

Reproductive Health Epidemiology

2 SKS;

Membahas distribusi dan determinan morbiditas/mortalitas ibu hamil, melahirkan dan ibu menyusui. Pada matakuliah ini juga akan dibahas secara spesifik tentang kematian bayi dan determinannya, serta beberapa faktor yang berhubungan dengan kesehatan ibu seperti ASI dan KB.

 

Kesehatan Maternal dan Perinatal

Maternal and Perinatal Health

2 SKS;

Membahas upaya-upaya untuk pencegahan morbiditas dan mortalitas maternal dan perinatal, pendekatan-pendekatan medik, kesiapan rumah sakit untuk menangani persalinan sulit dan rujukan, pemberdayaan bidan desa, indikator kesehatan maternal, kesehatan pasca persalinan.

 

Kelangsungan Hidup dan Perkembangan Anak

Survival and Development of Children

2 SKS;

Dibahas mengenai kelangsungan hidup, pertumbuhan dan perkembangan anak ditinjau dari sudut konsep, gizi, penyakit, psikologi perkembangan dan penelitian penelitian terakhir tentang kelangsungan hidup, pertumbuhan dan perkembangan anak.

 

Aspek Psikososial Kesehatan Reproduksi

Phsycosocial Aspects of Reproductive Health

2 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas antara lain kedudukan psikologi dalam kesmas dan ruang lingkup kesehatan reproduksi, memahami keterkaitan antara kebijakan kependudukan dan implikasinya pada masalah kesehatan reproduksi, memahami faktor-faktor yang berpengaruh terhadap fertilitas, memahami konsep dan prinsip keluarga, faktor psikologis dalam penggunaan kontrasepsi, memahami masalah sexualitas serta memahami sexsual risk behavior pada remaja.


Mutu Pelayanan Kesehatan Reproduksi

Quality of Reproductive Health Services

2 SKS;

Membahas tentang standar pelayanan kesehatan reproduksi, kualitas petugas layanan kesehatan, ketersediaan saranan dan prasarana, konseling dan hak-hak kewajiban klien dan petugas layanan kesehatan, terutama layanan kesehatan reproduksi.

 

Perencanaan dan Evaluasi Program Kesehatan Reproduksi

Planning and Reproductive Health Program Evaluation

3 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas mengenai proses perencanaan dan evaluasi program kesehatan reproduksi yang dilakukan di Indonesia, baik secara nasional maupun secara sektoral.

 

Pengembangan Intervensi Kesehatan Reproduksi

Development of Reproductive Health Intervention

3 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas dan dijelaskan cara-cara untuk mengembangkan intervensi kesehatan reproduksi berbasis masalah yang meliputi pengembangan dan analisis masalah, pengembangan dan analisis tujuan, pengembangan dan analisis kerangka kerja logis dan rencana implementasinya.

 

KESEHATAN REPRODUKSI LANSIA

Reproductive Health Elderly

2 SKS;

matakuliah ini akan dibahas masalah kesehatan yang dihadapi oleh para lanjut usia meliputi masalah menopouse, yang dilihat dari aspek psikologi dan aspek medis, masalah hormonal, penyakit degeneratif dan gizi pada lansia. Pada mata kuliah ini dilakukan juga kunjungan lapangan ke panti werdha untuk pengayaan wawasan peserta didik.

 KOMUNIKASI DAN KONSELING

Communication and Counseling

3 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas mengenai prinsip-prinsip dan teknik berkomunikasi & konseling terutama untuk kesehatan reproduksi pada berbagai target (remaja laki-laki dan perempuan, wanita dan pria usia subur dan lansia) baik pada situasi dan kondisi yang normal ataupun situasi kegawatdaruratan.

 

SEMINAR KESEHATAN

Health Seminar

2 SKS;

Dibahas tentang current issues yang sedang berkembang dan mahasiswa mengangkatnya dalam makalah ilmiah yang disajikan dalam sebuah seminar.

SKRIPSI

Thesis

6 SKS;

Mahasiswa memahami, menghayati dan mampu merancang dan melaksanakan suatu proyek penelitian sesuai peminatan bidang studi secara personal di bawah bimbingan 2 orang dosen pembimbing yang mengausai bidnag tersebut. Mahasiswa harus merancang proposal, mengumpulkan data, melakukan analisis data, membuat laporan penelitian sesuai dengan kaidah penulisan yang beraku sampai mempresentasikan hasil penelitian.

 

ETIKA DAN HUKUM KESEHATAN

Health’s Law and Ethics

2 SKS;

Dalam matakuliah ini akan dibahas tentang beberapa aspek etika dibidang kesehatan masyarakat yang nantinya digunakan sebagai acuan untuk menjawab permasalahan etika di bidang kesehatan masyarakat serta dibahas pula tentang pengertian, ruang lingkup, kedudukan, proses penyusunan hukum di bidang kesehatna dan current issue yang sedang berkembang.

 

KOMUNIKASI KESEHATAN

Health Communication

3 SKS;

Dalam mata kuliah ini akan dibahas tentang dasar-dasar komunikasi dan kerja sama antar kelompok, perkembangan dan peranan ilmu komunikasi dalam pembangunan kesehatan serta mengidentifikasi kebutuhan dan perencanaan kegiatan komunikasi dalam upaya kesehatan masyarakat.

 

PENGALAMAN BELAJAR LAPANGAN

Filed Experiental Learning

3 SKS;

Mendekatkan perguruan tinggi kepada masyarakat dengan menyesuaikan tuntutan pembangunan di bidang kesehatan masyarakat, mahasiswa melakukan diagnosis masalah kesehatan masyarakat secara langsung di lapangan dan pemecahan masalah kesehatan baik secara individu maupun kelompok. Dalam kegiatan ini mahasiswa melakukan praktek langsung di lapangan dalam penerapan Ilmu Kesehatan Masyarakat terutama dalam mendiagnosis masalah kesehatan di masayrakat, menyusun program dan melaksanakan intervensi.

 

MAGANG

Out Job Training

3 SKS;

Mahasiswa melakukan kegiatan dalam rangka meningkatkan kemampuan profesional (knowledge and skill) di bidang minatnya. Penerapan teori pada jenis pekerjaan tertentu sesuai dengan peminatannya pada lembaga/instistusi.perusahaan/kantor pemerintah maupun swasta.

 

PENDIDIKAN DAN PELATIHAN

Education and Training

2 SKS;

Mahasiswa memahami konsep, langkah perencanaan dan langkah evaluasi pelatihan, serta menyusun perencanaan pelatihan, melaksanakan pelatihan dan melakukan evaluasi pelatihan.

 

APLIKASI PENELITIAN KUALITATIF DALAM KESEHATAN

Qualitative Research Applications In Health

2 SKS;

Mahasiswa memahami fondasi, disain, teknik pengumpulan dan analisis data, pelaksanaan serta pelaporan metode penelitian kualitatif, serta menyusun proposal, melaksanakan dan melaporkan penelitian dengan metode kualitatif.

 

ADVOKASI, NEGOSIASI DAN DINAMIKA KELOMPOK

Advocacy, Negotiation And Group Dynamics

2 SKS;

Mata kuliah Advokasi, Negosiasi Dan Dinamika Kelompok mencakup konsep, tujuan, langkah pelaksanaan advokasi, negosiasi dan dinamika kelompok.

TEORI PERILAKU DAN PERUBAHANNYA

Theory Of Behavior And Changes

2 SKS;

Mata kuliah Teori Perilaku dan Perubahannya mencakup teori perilaku serta perubahannya dalam kaitan riset dan praktek promosi kesehatan.

 

APLIKASI PROMKES DI BERBAGAI TATANAN

Health Promotion In Various Application Order

2 SKS;

Mata kuliah Aplikasi Promkes Di Berbagai Tatanan mencakup latar belakang promkes berbasis tatanan, konsep pengelolaan promkes di berbagai tatanan.